INDAHNYA PESONA LAMPUNG DALAM FAMILIARIZATION TRIP LAMPUNG 2021

By Ika Putri Yuliana Sari - Januari 19, 2022

Potret di Lampung Krakatau Festival 2021

Liburan woy, kerja mulu. Kaya enggak, gila iya! 

Tidak asing lagi pastinya dengan kalimat diatas. Ya, betul. Kalimat diatas aku kutip dari sebuah akun TikTok yang sempat viral dari beberapa waktu lalu. Memang benar adanya, jika hidup memang butuh liburan. Relaks sejenak tentu saja bukan sesuatu kesalahan. Asalkan sudah bebas dari deadline yaaa!  Disibukkan dengan tugas kantor sudah biasa, waktunya sibuk jalan-jalan ke Lampung, The Treasure of Sumatra. Lampung yang terletak di sebelah barat Indonesia ini, menyimpan banyak keindahan yang harus disebar luaskan. Agar sobat wisata tahu, bahwa Indonesia tidak hanya tentang Jogja dan Bali. 

Seperti yang pernah aku ceritakan di blog sebelumnya, bahwa agenda ke Lampung ini sebenarnya tidak direncanakan. Keputusan yang diambilpun hanya satu hari (bahkan kurang dari 24 jam). Tapi Alhamdulillah, semua berjalan lancar, walaupun ada beberapa cerita yang bikin cekikikan sendiri kalau mengingatnya. Aku bersama temanku, Idah Ceris, berangkat menggunakan travel dari Banjarnegara menuju Jakarta. Sesampainya di Jakarta, kami melanjutkan perjalanan ke Lampung menggunakan transportasi udara via Bandara Soekarno Hatta. 

Kami berangkat bersama rombongan travel blogger lainnya yang memang bertemu di Bandara. Sesampainya di Lampung, kami sudah ditunggu oleh rombongan teman-teman dari Lampung, baik itu teman-teman Media, Blogger dan Influencer. Senyum ceria nan semangat terpancar dari raut wajah teman-teman. Menambah nilai plus tentang Lampung, pikirku. Setelah semua personil lengkap, langsung deh, kita semua cap cusss menuju tempat-tempat yang sudah ada di list Familiarization Trip (FamTrip). Acara FamTrip kali ini, bersamaan dengan agenda Festival Krakatau yang memang setiap tahun diadakan.


Tahun 2021 lalu, perayaan Festival Krakatau belum bisa diadakan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan situasi dan kondisi yang belum memungkinkan untuk mengumpulkan massa. Walaupun begitu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung tetap mempromosikan acara tersebut dan bekerja sama dengan beberapa pihak. Seperti mengadakan Familiarization Trip Lampung 2021, yang diikuti oleh Blogger, Influencer, Concent Creator dan beberapa Media yang hits di Lampung. Acara FamTrip diadakan selama 3D2N (3 Days 2 Night) ini cukup padat namun sangat menyenangkan. Sebenarnya kalau boleh request, boleh lah diperpanjang sampai satu minggu. Karena masih banyak tempat seru yang belum jadi dikunjungi. Huhu. 

Berikut beberapa tempat yang kami kunjungi selama mengikuti Familiarization Trip :

1. Lamban Gedung Kuning

Foto bersama di Lamban Gedung Kuning


Berwisata tanpa tahu cerita dari kota tersebut itu berasa ada yang kurang menurutku. Selain menambah mood, setidaknya pulang dari Lampung pengetahuanmu juga bertambah. Atau malah bikin kamu semakin cinta Lampung.

Lamban Gedung Kuning didirikan oleh keluarga DR.Hi. Ike Edwin. SIK,.SH.,MH,.MM akrab disapa Dang Gusti lke Edwin, yang kini menjadi sebuah gedung penting oleh masyarakat Lampung. Dimana di dalamnya berisi barang-barang bersejarah milik masyarakat Lampung. 

Lamban Gedung Kuning dibuka secara umum untuk anak sekolah dan mahasiswa yang ingin mempelajari budaya Lampung beserta sejarahnya. Kamu dapat mengunjungi alamat di bawah ini atau menghubungi kontak personal Lamban Gedung Kuning. 

Alamat :
Jl. Hi Pangeransuhaimi, Harapan Jaya, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Kontak Personal :
(+62) 83 1908 70439

2. El's Coffee Roastery

Foto bersama di depan El's Coffee Roastery

"Tempat ngopi yang nyaman". Mungkin seperti itu aku menggambarkannya. Coffee Shop yang terletak di Kalibalau Kencana, Bandar Lampung ini terlihat megah jika dilihat dari luar. Awalnya sempat terpukau dengan desain interior dari El's Coffee Roastery ini. Namun, melihat harga kopinya yang terjangkau menambah rasa penasaranku tentang El's Coffee. 

Kami diberi kesempatan eksplorasi bagian dalam gedung El's Coffee. Terdapat sebuah mesin roasting yang besar. Kita juga diperlihatkan proses roasting tersebut. Masuk ke bagian sisi lain, kita diperlihatkan tempat-tempat yang Instagramable banget. 

Aku rasa, harga coffee yang terjangkau tadi, sepertinya tidak cukup untuk membayar kenyamanan yang diberikan. Kalau kamu 'Sang Pencari Konten' dan suka nongkrong di Coffee Shop, aku sangat sarankan ke El's Coffee Roastery. 

Alamat :
Kalibalau Kencana, Kec. Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Lampung 35122

3. Pahawang Island

Makan siang di Pahawang Island

Chill dulu, kerjaan pikir besok. Itu sih yang terucap di mulut. Padahal hatinya udah nggak tenang mikirin deadline yang menggunung. Tapi beneran, deh. Pahawang Island itu, bikin nggak fokus kerja. Karena kamu bakal disuguhkan pemandangan pantai yang cantik, dan bohong kalau kamu nggak terlena. 

Bayangin dulu, nih, bayangin. Mainan ayunan, ketiup angin sepoi-sepoi. Tahu kan rasanya bagaimana beratnya ini mata. Penginnya terpejam tapi sayang banget pemandangan didepan terlalu cantik untuk dilewatkan. Apalagi pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Bikin kamu betah didalam laut, bahkan sampai punya kepikiran "mau jadi nemo aja". wkwkw.

Kalau kamu mau hibernasi dari hiruk piruknya kerjaan kantor, apalagi untuk kamu yang tinggal di kota besar. Kamu bisa menjadikan Pahawang Resort ini menjadi salah satu list holiday. Bakalan excited dengan ketenangan pulau Pahawang. Eits, tenang. Kamu nggak akan tidur di dome dan takut digigit nyamuk kok. Karena di Pahawang Resort sudah ada kamar tidur yang nyaman banget. Jadi, tunggu apa lagi? Booking sekarang juga!

Alamat : 
Pulau Pahawang, Kecamatan Marga PunduhKabupaten PesawaranLampung

4. Lembah Batu Heritage

Makan malam di Lembah Batu Heritage

Kalau yang satu ini, merupakan salah satu restoran aestetic di Bandar Lampung. Tempatnya asyik banget karena jauh dari keramaian, tapi ya gitu. Untuk bisa kesini butuh effort yang lumayan. Karena cukup jauh dari perkotaan dan terletak di bawah komplek perumahan.

Nah, buat kamu yang punya kebiasaan habis makan terus ngantuk, Lembah Batu Heritage juga menyediakan room  yang nyaman banget. Dijamin tidurmu pulas. Gigitan nyamuk pun lewat.

Alamat :
Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Bar., Kota Bandar Lampung, Lampung 35116

5. Madu Suhita

Sarang lebah madu lanceng


Baru kali ini merasakan madu yang rasanya asam dan teksturnya encer. Setauku, ya, madu itu manis dan kental. Ternyata lebah yang digunakan untuk memproduksi Madu Suhita ini menggunakan Lebah Lanceng. Hasil madunya juga biasa disebut Madu Lanceng. 

Lebahnya kecil-kecil dan tempat menyimpan madunya cukup unik, tidak seperti madu pada umumnya. Jika madu pada umumnya berbentuk persegi enam, kalau madu lanceng ini berbentuk seperti pecahan lampu bohlam. Kalau kamu penasaran dengan madu yang rasanya asam ini, kamu bisa order melalui kontak personal dibawah yaa. 

Alamat : 
Jl. Purnawirawan I, Langkapura, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung 35151

Kontak Personal :
(+62) 853 6700 2357

6. Ecoprint Kahut Sibogeri

Membuat ecoprint

Kamu ngaku orang yang kreatif? Berarti kamu harus cobain bikin ecoprint di Sibogeri. Tapi kalau kamu merasa kurang kreatif, beli aja langsung ke Ecoprint Kahut Sibogeri. Hahaha. Karena selalu ada solusi untuk kekurangan diri.

Pengalaman pertama membuat ecoprint ini cukup mengasyikan, tapi aku saranin kamu harus sarapan dulu. Karena ini butuh tenaga yang ekstra. Pas banget kalau kamu lagi ada masalah sama doi. Nah, emosinya disalurin ke ecoprint aja. 

Jadi ingin nyaranin Mbak Kinan (Istri Aris di series WeTV 'Layangan Putus') buat buka usaha ecoprint aja. Wakakak. Canda Mbak Kinan. Eh, iya. Kalau kamu mau beli kain dengan ecoprint yang sudah jadi, bisa tanya-tanya di kontak personal dibawah yaa. 

Alamat :
Jl. ZA. Pagar Alam Gg. Ken Arok No.10/22, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142

Kontak Personal : 
(+62) 813 6903 1335

7. Lamban Batik Lampung

Foto bersama di Lamban Batik Lampung

"Berawal dari temenan, lama-lama makin sayang". Tahu sound TikTok yang sedang hits itu nggak sih? Kalau itu buat doi, kalau buat batik Lampung, "berawal dari tatapan, lama-lama mau bawa pulang".

Berasa dihipnotis gitu saat pertama kali masuk di Lamban Batik Lampung. Cantik-cantik banget, MasyaAllah. Lamban Batik Lampung ini merupakan salah satu galeri batik Lampung di kota Bandar Lampung. Tidak hanya menyediakan kain batiknya, tapi mereka juga menjual hasil kerajinan yang sudah jadi, seperti tas, peci dan sandal. 

Lamban Batik Lampung juga mempunyai koleksi batik dengan corak khas masing-masing daerah di Provinsi Lampung. Lengkap banget pokoknya. Dengan desain interior yang aestetic, menambah kecantikan batik-batik yang terpajang. Yuk, beli koleksi batik Lampung di Lamban Batik Lampung!

Alamat :
Jl. Way Pengubuan No.35, Pahoman, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampunng, Pahoman, Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung 35228

8. Batiqa Hotel

Salah satu fasilitas di Batiqa Hotel

Nah, ini nih. Tempat yang bakal dicari kalau Lampung, yap, tempat untuk tidur. Kalau kamu nyari hotel yang nyaman, aku rekomendasikan ke Batiqa Hotel Lampung. Kalau poin 1 sampai 10, aku kasih 9,9. Wkwkw, karena kesempurnaan hanya milik Allah. 

Fasilitasnya lengkap, bahkan ada restonya. Jadi kalau lapar kamu bisa langsung ke restonya atau langsung 'kring' dari kamar. Pengalamanku tidur di Lantai 3, aku bisa melihat pemandangan perbukitan di Lampung dari jendela kamar. Jadi, setelah bangun tidur, mata langsung fresh dengan pemandangan yang ada.


Alamat :
Jl. Jend. Sudirman No.140, Pahoman, Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung 35213

Kontak Personal :
www.batiqa.com
(0721) 5602900


Nah, dari 8 tempat yang kami kunjungi, mana yang membuatmu ingin sekali ke Lampung? Share di kolom komentar, yaaa. Btw, cerita lengkapnya akan aku ulas di tulisan selanjutnya. Ditunggu yaa. 

  • Share:

You Might Also Like

30 komentar

  1. Kalau ke Lampung bisa menikmati kedelapan poin ini, luar biasa. Saya mauu. 😍

    BalasHapus
  2. Banyak teman yg kesini, dgr cerita mereka saja saya tertarik banget. Luar biasa lampung ya😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang luar biasa Mbak. Keindahan Lampung masih perlu di ekspos

      Hapus
  3. Kapan ya bisa berkunjung ke pulau Pahawang, menanti Festival Krakatau selanjutnya ah semoga diberi kesempatan ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, agendakan Mbak. Tahun ini semoga ada Festival Krakatau lagi yaa.

      Hapus
  4. Ya ampun jadi pengen jalan-jalan ke sana deh, banyak tempat wisata yang memesona, semoga ada rejeki. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin paling seriusss! Harus banget ngerasain ke Lampung loh Mbak.

      Hapus
  5. Wah memang akhir-akhir ini lagi nyari referensi liburan, kayanya seru banget ke lampung. Semoga secepatnya bisa kesana, pasti seruu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mbak. Semoga bisa secepatnya ke Lampung yaa

      Hapus
  6. Ini perjalanan bareng sama mbak lidya fitrian juga ya kalau gak salah. Aku pengen ih ke pahawang, dua kali ke Lampung belum sempet ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Mbak. Ada Mbak Lidya Fitrian juga. Next trip yaa Mbaaa. Harus agendakan ke Pahawang. Huhu

      Hapus
  7. Wah seru banget jalan-jalan ke Lampung, mengunjungi berbagai tempat dan belajar ecoprint serta batik khas Lampung. Ikutan kebawa ceritanya jadi berasa ada disana juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menyusul ke Lampunh ya mbaaa. Hihi. Biar merasakan keindahan Lampung secara langsung.

      Hapus
  8. Wah lumayan jadi nambah pengetahuan juga ya Mba dengan jalan-jalan ke tempat baru. Senangnya daerah Lampung belum pernah saya mampir jadi belum terbayang, tapi keseruan liburan saya sudah dapat paham rasa dan happynya liburan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lain waktu bisa ada kesempatan ke Lampung yaa mbaa. Biar merasakan indahnya Lampung. Hihi

      Hapus
  9. Lampung salah satu destinasi aku zaman rajin traveling, sayang belum sempat ke sana, sekarang sudah ga pernah lagi, travelmate yang ngomporin jalan2nya sudah ga ada...hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo Mbak Ida, aku siap gantiin travelmate dan siap ngompor ngomporin untuk berwisata wakaaka

      Hapus
  10. Aku suka banget sama wisata laut di Lampung, taman bawah lautnya indah banget ya. Beberapa tahun yang lalu aku sudah kunjungi Pahawang dan Krakatau. Wishlist yang belum kesampaian ke Kiluan, pingin banget lihat lumba-lumba di laut lepas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa nih, aku juga pengin banget ke Kiluan Mbak. Pengin ngerasain dihampiri lumba-lumba. Tapi kemarin belum kesampaian huhh

      Hapus
  11. Ada banyak tempat dan kegiatan yg bisa dilakukan di Lampung ya. Dulu saya pernah ke Lampung naik kapal. Waktu itu saya lebih banyak kunjungi pantainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, asyik juga Mbak ke Lampung naik kapal. Btw, perjalanan berapa jam tuh?

      Hapus
  12. wahh ada banyak destinasi wisata di Lampung yaa. Semoga suatu hari nanti saya bisa menginjakkan kaki ke Lampung, amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin paling serius! Harus banget agendakan ke Lampung mbaaaa.

      Hapus
  13. Familiarization Trip membuat pengalaman menjadi lebih kaya dan dilakukan bersama-sama, jadi kenangan indah. Dan ternyata, banyak sekali wisata explore Lampung yang bisa diulik wisatawan yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak. Dari FamTrip jadi punya banyak teman. Semoga besok bisa ke Lampung bersama keluarga ya Mbakk

      Hapus
  14. Aku ke Pahawang dan suka sekali dengan pemandangannya. Lengkap juga kulinernya enak enak disana. Semoga bisa main lagi ke Lampung dan nikmati keindahannya :)

    BalasHapus
  15. beberapa tahun lalu, pernah ke lampung seklai pas nikahan temen, tapi belum sempat kemana-mana, ternyat banyak tempat bagus ya :)

    BalasHapus
  16. Jadi kebayang serunya menikmati pesona lampung dalam acara trip family seperti yang digambarkan di atas. Duh berasa pengen juga deh bisa liburan ke sana

    BalasHapus
  17. Wah MasyaAllah, mesti bisa kesini sih besok2 kalau udah longgar inii keuangannya wkkwkw. Bagus2 bangett ihh destinasi wisatanya

    BalasHapus