[Review] IDN App - Aplikasi Berita Terlengkap

By Ika Putri Yuliana Sari - Mei 04, 2021

Review IDN App



Jika ditanya, berapa hari sekali kamu membaca berita? Jawabannya apa, nih? Sehari sekali? Satu minggu sekali? Atau bahkan satu bulan sekali? Sebagai seorang content creator, yang harus selalu update berita terkini dan apa yang sedang trending hari itu juga. Berita harian menjadi sesuatu yang sering dicari, karena barangkali ada yang bisa dijadikan konten menarik. Dengan banyaknya jobs description sebagai content creator, saya harus pintar management waktu. Jangan sampai waktu terbuang sia-sia hanya untuk mencari berita di laman yang tidak jelas alurnya, dan tidak jelas siapa penulisnya. Maka dari itu, selektif dalam portal berita adalah koentji. Membaca berita memberikan banyak manfaat untuk pembacanya. Selain itu, membaca berita akan menghindarkan kamu dari hal berbau hoaks. Saatnya jadi agen anti hoaks, yaa. 

Pentingnya Membaca Berita

1. Menguasai Perkembangan Terkini
Dengan membaca berita, ada banyak informasi yang akan kamu akan dapatkan. Biasanya, berita dapat dikaitkan dikehidupan sehari-hari. Dapat juga mengajarkanmu cara untuk mengambil keputusan yang dapat diterima masyarakat. Dengan mengetahui perkembangan berita terkini, kamu bisa mencari peluang untuk kepentinganmu. Contohnya, 'Bisnis apa yang sedang digemari saat ini?'. Kamu bisa menyesuaikan trend pasar terkini untuk bisnis yang akan kamu rintis. 

2. Sumber Informasi yang kredibel
Saat informasi yang terpercaya kita serap, itu akan membuat kita punya pengetahuan yang valid. Dibandingkan jika kita hanya bermain media sosial atau bermain game yang menghabiskan waktu dan biasanya tidak memberi kita informasi yang benar-benar valid. Dikarenakan banyak media yang beredar. Maka kita wajib, memilah mana yang layak kita baca. Dan, pastikan sumber berita terpercaya dan tidak menggunakan domain yang asal atau tidak resmi. 

3. Bisa Dijadikan Referensi
Informasi yang disajikan media berita biasanya dapat dipastikan valid tidaknya. Karena berita membawa topik dengan kasus yang beredar saat itu. Beda dengan halnya informasi yang didapat dari media gosip yang belum bisa dipastikan kebenarannya. 

4. Melatih Berfikir Logis
Dengan banyak membaca berita akan melatihmu berpikir secara logis. Contohnya, 'mengapa ada fenomena suatu penyakit yang muncul?' atau 'kenapa pendapatan bruto suatu negara lebih tinggi dari negara lain?'. Itu semua bisa kamu dapatkan saat kamu membaca berita. 

5. Anti hoaks dan peduli pada sesama
Membaca berita dari media terpercaya dapat mengurangi kamu mendapat informasi yang tidak benar. Selain itu, ketika ada berita bencana alam yang diberitakan, kamu bisa peduli membantu sesama dengan terjun langsung ke lokasi, membantu penggalangan dana, atau membagikan informasi ke temanmu. 

Dari ke-5 hal penting yang sudah disebutkan, masih malaskah membaca berita? Sekali lagi aku tegaskan, membaca berita itu penting! Biar tidak ada kata 'kudet' dihidupmu! Pada poin 2 sudah dijelaskan bahwa kamu wajib memilah media berita yang sumbernya valid. Karena jaman sekarang, tidak sedikit media berita yang hanya posting-posting berita yang kurang bermanfaat untuk masyarakat atau seperti berkamuflase menjadi media gosip. Duh! Bisa-bisa generasi sekarang menjadi bibit tukang gosip. Jangan sampai! Nah, untuk itu harus cermat, ya! 

Tahun 2018, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memperkirakan pada tahun tersebut di Indonesia terdapat 43 ribu portal berita online. Namun, menurutnya jumlah media online yang telah terverifikasi Dewan Pers tidak lebih dari 100 media. Bahkan ditahun 2019, jumlah portal berita online mengalami kenaikan hingga 47 ribu. Kira-kira berapa banyak portal berita online yang kamu ketahui? Bisa jadi soal ujian, nih. Haha. 

Apa itu IDN Times? 

IDN Times merupakan sebuah multi-platform baca berita yang menyajikan berita terlengkap dan entertainment digital media company untuk generasi Milenial dan generasi Z di Indonesia. Tepat pada tanggal 25 Oktober 2015, IDN Times meluncurkan sebuah aplikasi berita yang bernama IDN App. Layaknya sebuah aplikasi pada umumnya yang belum sempurna dan masih perlu perbaikan, IDN selalu melakukan perbaikan-perbaikan pada platformnya untuk memberi kenyaman membaca kepada pembacanya. 

Versi terbaru yang diluncurkan yaitu versi 6.12.0 yang dirilis tanggal 7 April 2021. Versi terbaru ini memiliki kelebihan dari versi sebelumnya, diantaranya : lebih cepat sewaktu loading dan lebih kecil untuk penggunaan memori. Jadi bisa membaca lebih banyak konten dengan data yang lebih hemat, dan diterapkannya iklan di dalam IDN App. Tidak perlu khawatir, iklan dijamin tidak akan mengganggu pengalaman membaca, dan beberapa bug telah diperbaiki. 

Mendapat rating yang cukup tinggi kategori aplikasi berita di Google Play Store dengan rating 4,6 dari 7000 ulasan. Namun, dilihat dari ulsan bintang satu yang ada sepertinya pihak IDN sangat selektif dalam menangani artikel yang masuk dari penulis. Banyak muncul komplain mengenai tulisan yang tak kunjung diterbitkan. Kalau menurut saya, kemungkinan trafik artikel masuk sangat tinggi yang memungkinkan waktu seleksi artikel lama atau tingkat standar tulisan yang cukup tinggi. Jadi, untuk kamu yang ingin menulis di IDN App ini harap bersabar, ya. 

IDN Times merupakan salah satu media berita menurutku yang informasinya terpecaya. Terbukti dengan data Alexa tentang jumlah halaman website yang sering dikunjungi di Indonesia, dan idntimes.com menempati urutan nomor 15 dari daftar 100 Website. Dari data tersebut, dapat dikatakan bahwa IDN Times menjadi salah satu portal berita yang cukup digemari. Tak hanya itu, aplikasi IDN App juga berhasil diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna smartphone. Hal itu bisa menjadi tolok ukur bahwa IDN App menjadi aplikasi berita terlengkap yang digemari generasi zaman sekarang, karena berita yang disajikan up-to-date dengan kontroversi yang sedang terjadi. Tidak cuma berita, banyak juga tips atau rekomendasi yang tersaji di IDN Times. 

Kualitas Konten di IDN App

Kualitas Konten di IDN App


Dengan data yang sudah dijabarkan, seperti peringat 15 dalam Alexa, peringat 4,6 dengan 7.000 ulasan, dan telah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna smartphone. Dapat dipastikan bahwa berita yang disajikan bukan berita abal-abal seperti di aplikasi serupa. Dengan adanya ulasan yang menjelaskan pada tingkat artikel di setujui tidak begitu mudah. Dapat dipastikan juga, standar penulisan artikel yang terbit dapat dikatakan bagus bukan artikel abal-abal yang sering kamu temukan di portal berita online lainnya. Konten yang disajikan dapat disesuaikan sesuai dengan passion-mu. Karena IDN App punya banyak tema bacaan yang bisa kamu pilih. Dilihat dari gambar diatas, tema yang digunakan IDN App ini Indonesia banget. Warna merah dan putih ini terlihat simpel namun berkelas, yang sangat cocok dengan generasi zaman sekarang. Selama menggunakan IDN App untuk baca berita selama ini, saya cukup puas. Baik dari segi konten maupun UI/UX nya. Dengan semua kenyamannya yang diberikan, saya berani review bintang lima di Play Store.

Review di Play Store


Kenapa Memilih IDN App? 


1. Pengalaman yang menyenangkan
Dengan fitur personalisasi news feed, kamu tidak mungkin tertinggal dengan berita-berita favoritmu yang paling baru dan paling trending. Saat membuka IDN App, kamu akan langsung disajikan dengan berita terkini. Suka dengan suatu artikel? Tenang! IDN juga menyediakan fitur sharing ke sosial media agar kamu bisa dengan mudahnya membagikan artikel favoritmu kepada teman-temanmu yang juga satu selera denganmu!

2. IDN paling lengkap
Kategori apapun yang kamu cari, IDN ada! Dari tips diet paling sehat untuk golongan darah kamu, IDN siap membantu memberikan informasi yang kamu butuhkan dengan senang hati. Ada 40 lebih kategori yang di sajikan di IDN App. Diantaranya : Berita Indonesia, Berita Internasional, Inspirasi, Informasi Destinasi Wisata, Keuangan, Karir, DIY, dan masih banyak lagi. 

3. Terdapat fitur QnA 
Masih membutuhkan informasi lebih lanjut atau butuh mendengarkan opini orang lain? Jangan khawatir, IDN menyiapkan fitur tanya jawab untuk kamu yang ingin berbagi opini kepada para netizen mengenai suatu topik. Wah, bisa jadi tempat nyari teman juga, nih!

4. Paling terpercaya
Hoax? IDN tidak mengenal itu dalam artikelnya karena sumber berita IDN kini berasa dari IDN times dengan kualitas berita yang tentu sudah terjamin akurasinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya tingkat seleksi artikel yang tidak mudah. 

5. Update Berita Terkini
Di IDN, topik paling populer adalah News, yaitu berita terkini yang akurat, terpercaya, dan tercepat tentang semua yang terjadi di sekitar kita. Ada juga kategori bisnis untuk mencari update terbaru seputar bisnis, ekonomi pemerintah dan bahkan keuangan dunia. Kamu juga bisa menikmati berita olahraga yang terkini dan highlight pertandingannya seperti Liga Indonesia, dan bahkan hingga Liga Inggris, Italia, Spanyol dan Liga Champions. Kamu juga bisa terus up-to-date dengan berita teknologi terkini yang berisi review gadget, review game, dan lainnya.

6. Platform menulis berita paling yoi
Menulis berita di IDN, kamu nggak perlu repot atur layout. Karena sudah ada layout yang tersedia di IDN App. Kamu hanya perlu menuliskan berita pada layout yang sudah tersedia. Perhatikan baik-baik, ya. Jangan sampai salah kolom. 

7. Rajin menulis bisa dapat cuan! 
Ibarat monetesasi blog, menulis di IDN juga bisa membuatmu mendapatkan rupiah, lho. Menulislah yang konsisten sampai jadi verified writer, jangan terpaku pada naskah yang berstatus pending. Rajin mengikuti tantangan untuk akselerasi jumlah poin yang didapatkan. Panjat poin, misalnya. Nah, poin ini lah yang nantinya akan dikonversi menjadi rupiah. 

IDN App bersahabat dengan Penulis

Fitur Penulis di IDN App


Semakin canggihnya teknologi, semakin merasa dimudahkan setiap kendala. Seperti yang ada di IDN App, yaitu fitur penulis. Jaman dulu, membuat artikel di handphone cukup sulit dan ribet! Tapi sekarang, sudah tidak tentunya. Karena IDN App menyediakan form untuk tempat menulis yang sudah terdapat layout-nya. Jadi, penulis tidak lagi kesusahan mengatur layout jika ingin menulis. 

Belum pernah menulis di IDN App? Tenang! Sebagai bentuk rasa sayang tim IDN pada penulis, tim IDN sudah menyediakan paduan untuk penulis. Jadi sebagai penulis baru, kamu tidak perlu khawatir tersesat dan kebingungan. Banyak tips untuk penulis yang disediakan, contohnya 'cara agar tulisanmu cepat di approve', 'Ketentuan artikel di IDN Times', dan masih banyak lagi. Pastikan baca semua sebelum menulis, ya. 

Satu lagi, sebagai bentuk apresiasi IDN kepada penulis berupa poin yang bisa di redeem dijadikan rupiah nantinya. Untuk bisa mendapat 1 poin, kamu harus mendapat 100 views diartikelmu. Dan jumlah poin yang bisa di redeem minimal 2500 dan setara dengan Rp. 250.000,-. Lumayan, kan? Bisa buat jajan domain. Semakin kamu sering menulis, semakin banyak kamu dapat reward dari IDN. 
 

Generasi muda Millennial dan Gen Z bisa di bilang generasi yang sangat inspiratif. Dengan semangat kedua generasi tersebut untuk terus mendapatkan informasi terbaru dan juga menggerakkan bangsa. Jangan khawatir, suaramu selalu terdengar di IDN. Melangkah bersama IDN untuk perubahan positif generasi muda nusantara bersama-sama. Jadi, setuju kan? Kalau IDN App jadi tempat baca berita terlengkap? Eh, sharing tentang pengalamanmu menggunakan IDN App di kolom komentar, yuk! 








  • Share:

You Might Also Like

0 komentar