PELATIHAN ONLINE UNTUK UMKM - SKILL ACADEMY

By Ika Putri Yuliana Sari - Februari 19, 2021

  

Pelatihan untuk UMKM

Mengelola UMKM bukan sesuatu yang mudah. Bagi penggiat UMKM pasti pernah atau sedang merasakannya. Disini aku juga merasakan apa yang dirasakan kamu semuaaa. Benar-benar nggak mudah! Yang mudah itu mencintaimu. Hahaha. Bener, deh. Harus membagi waktu dengan aktivitas lainnya. Harus membagi pikiran dengan pekerjaan inti, dan masih banyak lagi. Masih punya pekerjaan inti? Yap, betul. Aku masih punya pekerjaan inti dimana aku menabung cuan untuk menghidupi usahaku. Jadi, aku memiliki usaha dibidang Jasa Desain Logo. 

Menjalankan usaha dibidang jasa bisa dibilang lumayan lebih mudah dibanding dengan mereka yang punya usaha yang memerlukan modal besar. Lebih mudahnya dalam hal resiko dan kerugian yang menghadang enggak terlalu banyak walaupun tetap saja yang namanya usaha pasti akan merasakan kegagalan. Seperti di ghosting konsumen contohnya. Yaaa, paling hanya rugi waktu dan pikiran. Bayangkan jika UMKM yang berjalan dibidang produk. Kerugiannya akan lebih besar. Sebesar mimpiku. Hihi. 

Nggak hanya itu, mengelola UMKM juga harus pintar bersaing dengan kompetitor lainnya. Kalau untuk aku, yang aku lakukan yaitu meng-upgrade skill dengan mencari tau trend desain yang sedang viral dikalangana desainer logo. Selain itu, aku juga belajar copywriting untuk kepentingan promosi usahaku. Tapi, ada hal lain yang cukup membuatku ingin belajar lebih banyak. Yaitu mengenai pengelolaan keuangan.

Pernah nggak, sih? Keuangan amburadul gara-gara kita kurang cermat dalam mengelola keuangan. Uang entah kemana? Dipakai buat apa? Barangnya nggak jelas tapi uang habis gitu aja. Kadang akan merasa menyesal, ‘kok bisa ya?’, ‘kenapa aku beli ini?’. Ya, itu yang aku rasakan untuk keuangan pribadi. Nah itu baru uang pribadi, apalagi kalau sudah menyangkut uang perusahaan atau uang usaha. Harus disimpan dan dicatat benar-benar nih. Tapi yang namanya manusia, sering lupa. Handphone di depannya aja kadang lupa naruh dimana. Duh, padahal masih muda.

Dulu sering banget, keuangan usaha nggak jelas kemana. Karena perihal enggak tercatat dengan baik. Jadinya, usaha begini-begini aja, nggak ada kemajuan. Hadeh. Terlebih lagi aku bukan basic anak akuntansi yang gemar mencatat tentang uang. Nggak tahu menahu mengenai arus kas masuk dan keluar. Akhirnya untuk kesejahteraan umat, aku mulai cari-cari pelatihan untuk mengatur keuangan. Karena aku ingin membenahi keuangan usahaku yang amburadul itu. Lagi masa pandemi begini nggak mungkin ada kan Lembaga yang mengadakan pelatihan offline. Maka dari itu aku mencari pelatihan online dari beberapa platform belajar online. Nah, ketemulah aku dengan kelas Sukses Mengelola Keuangan UMKM di Skill Academy.  


Apa itu Skill Academy?

Skill Academy merupakan platform belajar online yang merupakan inovasi dari Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis Pendidikan dan telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. Pada tahun 2020, Skill Academy telah digunakan oleh 4 juta pengguna dalam satu tahun dan mendapatkan rating 5 sempurna dari ulasan 350.000+ pengguna. Dengan pencapaian tersebut, Skill Academy meraih penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Brand dari Google Play Store.

Pentingkah Mengatur Keuangan?

Jawabannya, sangat penting! Semakin kamu bisa mengatur keuangan maka kamu akan semakin bisa mengatur budget-mu. Memangkas semua yang tidak terlalu penting dan mengunakan uang sebaik mungkin. Namun jika kamu tidak bisa mengatur keuangan usahamu, maka ada kemungkinan usaha bisa mengalami kerugian bahkan kebangkrutan. Tentunya kamu nggak ingin merasakan itu semua kan?. Maka dari itu, belajar mengelola keuangan itu penting!

 

Manfaat Mengelola Keuangan

Manfaat Mengatur Keuangan

1) Meningkatkan cash flow

Perencanaan keuangan membantu kita dalam meningkatkan cash flow dengan memantau pola dan sifat pengeluaran. Kita perlu memonitor keuangan yang mencakup penganggaran yang cermat dan pengeluaran yang bijaksana. Hal ini bisa membantu menjaga lebih banyak uang yang disimpan. Jadi, nggak ada lain barang-barang nggak penting yang terbeli.

2) Membantu mengidentifikasi kesalahan

Tidak hanya pengeluaran tetapi perencanaan keuangan keseluruhan membuat kita menyadari kesalahan penggunaan dana yang selama ini dilakukan sehingga dapat diperbaiki. Seperti memangkas pembelian barang-barang yang dirasa kurang penting.

3) Mewujudkan tujuan perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan di setiap alur usahanya. Seperti membeli membangun kantor, menambah karyawan, menambang cabang perusahaan, dan lain-lain. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat seperti perencanaan, penghematan dan menabung tentunya akan membantu mewujudkan tujuan tersebut.

 

Kelas Pelatihan Mengelola Keuangan untuk UMKM

Pelatihan  Online Mengelola Keuangan UMKM di Skill Academy

Selama mengikuti kelas ini, aku diajarkan tentang pembukuan, mulai dari pengenalannya, mengetahui konsep dasar akuntansi, dan juga pembukuan berbasis akual. Kelas ini sangat cocok buat kamu yang ingin mempelajari dasar akuntasi untuk UMKM, pemilik bisnis UMKM, pebisnis pemula yang ingin mempelajari tentang akuntansi, ataupun pebisnis pemula yang memerlukan dasar dalam akuntasi pembukuan. Nah, yang paling menyenangkan yaitu aku diajarkan langsung dengan mentor yang expert. Seorang Head of Finance di salah satu start up teknologi di Jakarta. Durasi pelatihan yaitu 2 jam 14 menit dengan ketentuan 7 topik dibuat menjadi 13 materi berupa 6 video dan 2 dokumen. Kamu juga akan diberikan 2 ujian yaitu Pre-Exam dan Exam dengan masing-masing durasi selama 15 menit. Setelah menyelesaikan kelas pelatihan dan mengerjakan Exam, kamu berhak menerima sertifikat kelulusan.

Selain pelatihan mengelola keuangan, pelatihan online untuk UMKM di Skill Academy masih banyak pelatihan lainnya, diantaranya :

  1. Pelatihan Online tentang Perpajakan
  2. Pelatihan Online tentang Marketing
  3. Pelatihan Online tentang Desain Produk
  4. Pealtihan Online tentang Administrasi Perusahaan

 

Setelah mengikuti beberapa pelatihan dan berlatih. Aku mulai bisa menerapkan ilmu akuntasi diusahaku. Walaupun tidak selengkap perusahaan besar. Mencatat pengeluaran sekecil apapun. Bahkan uang untuk parkir, hahaha. Nggak hanya untuk usaha tapi juga untuk keuangan pribadi juga. Alhamdulilah ya sista, semua sudah belajar sedikit lebih baik. Wkwkkw. Nah, mengelola keuangan merupakan salah satu skill yang harus dipunyai para penggiat UMKM. Jadi, nggak ragu lagi dong untuk ikut pelatihan online umkm Skill Academy? Yuk, cuss ke websitenya 😉

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Pas banget sama keadaanku sekarang kak, makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, sama-sama, Kak. Terus belajar pokoknya ��

      Hapus
  2. Waaaaaah...ada calon bendahara baru, niih. Hahaha. Pelatihan di skill academy menggiurkan, yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bendahara rumah tangga maksudnya? Wkwkwk.
      Betul banget, materinya juga keren. Ringan, mudah dipahami. Hahaha. Pelatihan apa lagi, yaaa?

      Hapus