Mengujungi Wisata Alam Saat New Normal : Hutan Pinus Limpakuwus

By Ika Putri Yuliana Sari - September 25, 2020

 

Lok. Hutan Pinus Limpakuwus, Baturraden. 


Sudah hampir 9 bulan, sejak bulan Maret lalu aktivitas manusia di porak poranda akibat datangnya virus COVID-19. Kehidupan manusia dirubah drastis untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Hidup dengan rasa takut ingin bepergian ke tempat ramai, seperti : tempat perbelanjaan, caffe, tempat wisata, dan masih banyak lagi menjadi sebuah kendala. Kamu mungkin akan merasakan bosan dengan berbagai kegiatan yang dirasakan, atau bahkan saat ini sudah berada di titik tersebut? Aku sudah merasakannya, jauh dari bulan-bulan lalu. Selalu ribut ingin kesana kemari tapi disisi lain takut jika ke tempat ramai. Mungkin kebiasaanku aktif diberbagai kegiatan saat sekolah dan kuliah masih melekat dalam jiwa. Wkwkw. Duh, nggak bisa banget berdiam diri dirumah terus-menerus. Jiwa memberontak, aku ingin keluar rumah!! Planning ke bukit gagal, planning ke kolam renang gagal, dan aku tidak ingin gagal kali ini! Yeahhh. Aku ingin melihat sesuatu yang bikin mata segar! Sudah rindu merasakan angin sepoi-sepoi semilir di bawah pohon. 

Berangkatlah aku ke Hutan Pinus Limpakuwus. Mendengar kata Limpakuwus sudah kebayang sejuknya duduk dibawah pohon sambil menenangkan jiwa. Merasakan gesekan angin dan daun. Indah, bukan? Hahaha. Ada apa di Hutan Pinus Limpakuwus? Dari namanya saja pasti sudah bisa menebak dong, ya. Kalau Hutan Pinus Limpakuwus pastinya berisi pohon-pohon pinus. Eits, tapi. Entah kenapa, menurutku pohon pinus di Limpakuwus terlihat sangat rapi dan tegak menjulang dengan sangat gagah. Tentunya terlihat seperti pohon pinus yang dirawat dengan penuh kasih saying seperti anak sendiri. Wkwkwk.


LOKASI HUTAN PINUS LIMPAKUWUS

Hutan Pinus Limpakuwus berlokasi di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jarak Hutan Pinus Limpakuwus dari pusat kota cukup jauh, jika dari alun-alun Purwokerto berjarak 16 KM dan dari alun-alun Banyumas berjarak 28 KM. Tapi semua rasa lelahmu menempuh perjalanan akan terbayarkan saat kamu sudah bertemu dengan pohon-pohon pinus yang gagah. Untuk kalian yang akan mengunjungi, enggak perlu khawatir! Karena sudah ada di Google Maps, kamu hanya perlu search Hutan Pinus Limpakuwus. 


PERJALANAN KE HUTAN PINUS LIMPAKUWUS

Perjalanan dari Banjarnegara (rumahku) ke Hutan Pinus Limpakuwus membutuhkan waktu sekitar 105 menit. Penjalanan menuju hutan cukup mengasyikan karena melewati beberapa wisata yang ada di Baturraden diantaranya Wana Wisata Baturadden, Baturraden Adventure Forest, Curug Mini dan Telaga Sunyi. Jalan yang tidak terlalu lebar dan berkelok membuat kamu harus berhati-hati. Di sepanjang jalan selalu terlihat pedagang kaki lima dan  pedagang yang menjajakan Sate Kelinci. Suasana yang sejuk sejuk dingin sambil menikmati hangatnya sate kelinci enak banget, kan?? Sedapppp! Satu porsi sate kelinci sekitar Rp. 15.000,- sudah lengkap dengan ketupat. 

Untuk kamu yang mungkin perjalanan jauh, tidak perlu khawatir! Karena di sekitar perjalanan menuju Baturraden banyak sekali penginapan mulai dari low price hingga high quality. Tentunya ada harga ada kualitas, yaa. Ada juga, lho, penginapan dibawah Rp. 100.000,-. Sangat membantu buat kamu yang datang dari jauh dengan budget minim. 

Baca juga : Rexona For Girl untuk atasi bau badan

HARGA TIKET DAN FASILITAS

Memasuki pintu masuk Hutan Pinus Limpakuwus, kamu akan diberhentikan oleh petugas untuk dicek suhu tubuh sebelum memasuki wilayah hutan. Kebiasaanku ketika ada cek suhu seperti itu, auto pegang jidat. Hahaha. Alhamdulillah masih di suhu 35,6 derajat Celcius. Setelah dicek suhu kamu harus membeli tiket  seharga Rp.15.000,- per orang (sudah termasuk parkir untuk sepeda motor dan tambahan Rp. 5.000,- untuk parkir mobil). Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pemandangan yang disajikan.

Lahan parkir motor


Setelah membeli tiket, kamu bisa langsung melanjutkan perjalananmu menuju lahan parkir. Dannn, sampailah kamu di kawasan Hutan Pinus Limpakuwus. Sekitar lahan parkir tersedia warung-warung yang menyediakan minuman dan juga makanan, jadi kalian nggak perlu takut kelaparan atau kehausan, ya. Untuk kalian yang muslim, di Hutan Pinus Limpakuwus juga tersedia mushola yang bersih untuk kamu melaksanakan sholat. Di samping mushola, ada toilet. Jadi, kalau kebelet nggak usah di empet-empet, ya. 


Mushola dan Toilet

Pelapak di sekitar Hutan Pinus Limpakuwus 

Saat masuk kawasan hutan, kalian juga akan diingatkan oleh petugas untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Petugas cukup ketat dalam menjaga protokol kesehatan. Bahkan ada cukup banyak papan notice untuk mengingatkan kamu mencuci tangan terebih dahulu sebelum duduk. Jangan lupa memakai masker juga, ya, saat memasuki kawasan hutan. Ada banyak spot tempat cuci tangan untuk kalian mencuci tangan dong tentunya. 

Salah satu tempat cuci tangan


Nah, banyak spot foto yang ada di area Hutan Pinus Limpakuwus. Ada yang gratis ada yang berbayar juga, ya! Spot foto yang berbayar biasanya berupa wahana. Jadi, kalau mau foto dilihat dulu sekitar spot fotonya apakah ada penjaganya atau tidak. Biasanya, spot foto yang berbayar terdapat loket tiket disekitar spot foto. Masing-masing spot foto yang berbayar diharga mulai dari Rp. 15.000,- per orang. Wisata ini, nggak cuma buat kamu yang udah remaja atau dewasa, lho. Karena ada wahana play ground untuk kamu yang membawa anak kecil. Pas banget ini buat mahmud pahmud yang anaknya masih kecil-kecil. Biar enggak mahmud dan pahmud aja yang seneng tapi baby-nya juga seneng.


DARI AKU, UNTUK HUTAN PINUS LIMPAKUWUS

Apakah Hutan Pinus Limpakuwus ini recomended untuk tamasya saat new normal? Kalau menurutku, sangat aku rekomendasikan. Karena petugasnya yang taat sama protokol kesehatan, pemandangannya indah, dan tentunya murah. Apalagi untuk kamu yang sedang ingin refresing mata. Recomended!. Kamu bisa banget mengajak keluargamu ke Hutan Pinus Limpakuwus. Bawa karpet dan bawa bekal pakai rantang. Wkwkw. Aku sarankan kalau kamu ingin datang ke Hutan Pinus Limpakuwus selama masa pandemi ini, weekday lebih cocok karena jika weekend pastinya banyak pengunjung sedangkan Hutan Pinus Limpakuwus masih membatasi jumlah pengunjung. Jika hanya punya waktu saat weekend, datang di jam pagi, yaa. Supaya kamu masih bisa menikmati pemandangan di Hutan Pinus Limpakuwus. Duh, sakit banget kan udah datang dari jauh tapi nggak bisa masuk karena kuota pengunjung sudah penuh. Tapi, tenang! Kalau saking apesnya kamu tidak bisa masuk, kamu masih bisa merasakan wisata lainnya di kawasan Baturraden, lho. Seperti Wana Wisata Baturraden, Telaga Sunyi, dan masih banyak lagi. 

Jadi, apakah Hutan Pinus Limpakuwus cocok untuk list holiday-mu? Informasi lebih lanjut bisa langsung kunjungi akun Instagram Hutan Pinus Limpakuwus, ya.

Have a nice day!





  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. uwww dulu setahun yg lalu ke sana belum sebagus ini deh, jadi pengen piknik ke Limpakuwus nih, em em tapi tapi sama siapa yak

    BalasHapus
  2. Udah berkali-kali main ke Baturraden tapi belum pernah ke sini. Jadi pingiiinnn. ��

    BalasHapus